Tutorial teks 3D untuk desainer grafis

Jika Anda seorang desainer grafis yang ingin mulai menambahkan beberapa elemen 3D ke desain Anda, Anda mungkin telah mencoba-coba kemampuan 3D Photoshop CC atau Illustrator. Tapi keduanya tidak dibandingkan dengan kekuatan penggunaan aplikasi 3D yang benar untuk menyelesaikan pekerjaan.

Mempelajari perangkat lunak baru, bagaimanapun, mengintimidasi. Meskipun ada banyak aplikasi 3D di luar sana, Cinema 4D sangat bagus untuk para desainer grafis karena sangat terkait dengan produk Adobe. Sebenarnya, jika Anda memiliki Adobe Creative Cloud, Anda benar-benar memiliki akses gratis ke Cinema 4D Lite dengan langganan CC Anda. Mari kita mulai.


01. Bangkitkan Bioskop 4D

Untuk membuka Cinema 4D Lite Anda harus terlebih dahulu membuka After Effects. Jika Anda bukan pengguna After Effects tidak apa-apa, Anda tidak perlu tahu banyak. Namun, kita akan menggunakan AE beberapa langkah di akhir, untuk mengurus rendering.


Dalam After Effects, masuk ke File> New> Maxon. Anda akan ditanya di mana Anda ingin menyimpan proyek baru Anda, dan kemudian Cinema 4D akan terbuka.

02. Tambahkan beberapa teks



Gunakan pilihan spline berlabel teks untuk menulis sesuatu (Klik ikon di kanan atas untuk memperbesar gambar)
Mari mulai mudah dengan beberapa teks sederhana. Di bagian atas antarmuka, Anda akan melihat apa yang terlihat seperti alat Pena yang biasa Anda gunakan. Jika Anda klik kiri dan tahan Anda akan melihat banyak pilihan lain yang tersedia; ini disebut splines Di Cinema 4D spline sama seperti jalan yang akan Anda buat dengan alat Pena atau alat bentuk lainnya, namun bisa ada dalam tiga dimensi dan bukan hanya dua. Klik opsi spline berlabel Teks.

Tiga hal akan terjadi selanjutnya. Dalam tampilan perspektif Anda dengan grid lantai, Anda akan melihat teks spline muncul.

Jika Anda melihat ke panel kanan atas (panel objek), Anda akan melihat objek yang terlihat seperti lapisan pada aplikasi Adobe. Itu pada dasarnya apa adanya, meski ada yang lebih ke panel objek dari sekedar itu.

Dan terakhir, jika Anda melihat panel kanan bawah (panel Atribut), Anda akan melihat kata 'Teks' dan memiliki banyak kontrol untuk dimainkan.


03. Sesuaikan teks Anda



Gunakan panel Atribut untuk mengetik (Klik ikon di kanan atas untuk memperbesar gambar)
Klik di mana Anda melihat teks Teks di bidang yang lebih besar di bagian atas panel Atribut, dan ketik apa pun yang Anda inginkan dari teks tersebut. Klik di luar bidang itu untuk memperbarui teks. Tepat di bawah bidang itu Anda akan melihat di mana Anda dapat memilih font Anda.

Jika Anda ingin memutar di sekitar teks Anda di ruang 3D, tahan Alt / Option lalu klik kiri dan seret sekitar dalam tampilan perspektif. Anda akan melihat tidak ada kedalaman jenis pada titik ini, itu hanya garis besar teks. Untuk memberikan kedalaman, kita membutuhkan jenis objek yang lain.

04. Beri kedalaman kata-kata Anda

Tepat di sebelah kanan alat Spline Anda akan melihat kotak hijau. Klik kiri dan tahan kotak itu dan Anda akan melihat lebih banyak pilihan. Pilih objek extrude. Anda sekarang akan memiliki objek ekstras tepat di atas objek teks di panel Objek.

Cara panel objek berbeda dari banyak pendekatan lapisan tradisional lainnya adalah hierarkis. Kita bisa membuat teks anak dari objek ekstrusi untuk memberi kedalaman teks.

Klik kiri dan tahan objek teks dan tarik mouse Anda sehingga melayang di atas objek ekstrusi. Hanya lepaskan mouse saat panah menunjuk ke bawah muncul.

Sekarang klik objek Extrude. Di panel Atribut Anda akan melihat beberapa tab di bawah yang bertuliskan 'Extrude Object'. Klik tab 'Caps'. Anda akan melihat bidang awal dan akhir yang keduanya mengatakan 'Cap'. Ubah mereka menjadi 'Fillet Cap'.

Fillet seperti bevel - ini adalah cara yang bagus untuk menghidupkan teks Anda.

05. Tambahkan beberapa fitur teks



Menambahkan sedikit tepi membulat ke teks akan membuatnya menangkap cahaya (Klik ikon di kanan atas untuk memperbesar gambar)
Mari kita menyesuaikan tampilan lebih lanjut dengan menyesuaikan Langkah dan Radius. Tepat di atas tampilan perspektif, Anda akan melihat sedikit daftar menu yang berbunyi: Lihat, Kamera, Layar, Pilihan, Filter, Panel. Klik Display> Gouraud Shading [Lines]. Ini akan memungkinkan Anda melihat subdivisi dalam tipe ini.

Sekarang kembali ke panel Atribut untuk teks. Pilihan 'Langkah' di sini berarti berapa banyak subdivisi isi fillet. Defaultnya adalah 1, tapi Anda ingin mengubahnya menjadi 4 untuk Start dan End Caps.

Kemudian matikan Radius dari default 5 menjadi 3. Anda juga bisa sekarang sekarang mengubah 'Gouraud Shading [Lines]' sekarang jika Anda mau, dan kembali ke plain 'Gouraud Shading'.

Perhatikan bagaimana teks menangkap cahaya jauh lebih halus pada tepi yang sedikit membulat. Kustomisasi ini adalah salah satu alasan mengapa Cinema 4D adalah pilihan terbaik untuk kemampuan 3D dari aplikasi Adobe lainnya.

06. Berikan teks Anda materi



Tarik dan lepaskan bahan baru ke teks (Klik ikon di kanan atas untuk memperbesar gambar)
Sekarang mari menambahkan materi ke teks kita. Anda akan melihat bagian bawah di bawah area pemutaran panel kosong panjang yang sempit dengan sedikit menu di atasnya yang berbunyi: Buat, Edit, Fungsi, Tekstur. Klik Buat> Materi baru.

Ada banyak hal yang bisa kita lakukan di Material, tapi itu lebih maju. Cukup seret bahan putih baru ke jenisnya.

07. Sertakan latar belakang



Tambahkan latar belakang teks Anda (Klik ikon di bagian kanan atas untuk memperbesar gambar)
Kami membutuhkan latar belakang. Klik mouse tengah-klik-lihat perspektif dan Anda akan melihat empat kotak. Pilih kotak yang bertuliskan Right di pojok kiri atas. Ambil alat Pen dari mana kita sebelumnya mendapatkan teks spline dan menggambar semacam kurva berbentuk S, sisi satu ke teks (seperti yang ditunjukkan pada gambar di atas).

Ini adalah spline yang sempurna untuk latar belakang. Klik tengah lagi di tampilan Perspektif dan klik tengah di kotak kiri atas untuk kembali ke tampilan khas Anda.

08. Sesuaikan gerakan ekstrusi



Setelah Anda menambahkan gerakan ekstrusi, seharusnya terlihat seperti ini (Klik ikon di kanan atas untuk memperbesar gambar)
Tambahkan objek ekstrusi lainnya dengan spline yang baru ditarik seperti anak itu. Pilih objek ekstrusi di panel Objek, lalu masuk ke tab Objek di dalam panel Atribut. Anda akan melihat properti Gerakan dengan tiga bidang membaca 0cm, 0cm, 20cm. Nilai 20cm ada secara default dan menunjukkan gerakan ekstrusi dalam sumbu Z.

Kami ingin gerakan kami di sumbu X, jadi atur 20 ke 0 dan setel field pertama sampai sekitar 1250cm. Seharusnya terlihat seperti gambar di atas.

09. Tambahkan lampu



Lampu menambahkan kualitas profesional ke teks 3D Anda (Klik ikon di kanan atas untuk memperbesar gambar)
Tarik bahan yang sama dengan yang kami gunakan pada teks ke latar belakang. Sekarang saatnya menambahkan lampu. Di bagian atas, di mana kita mendapatkan semua benda kita, Anda akan melihat ikon bola lampu. Klik kiri dan tahan itu, lalu pilih Area Light.

Anda akan mendapatkan cahaya yang terlihat seperti kotak dengan sedikit ledakan bintang di tengahnya. Gunakan alat Select, Move, Scale dan Rotate untuk memposisikan cahaya di angkasa.

10. Gandakan cahaya



Posisikan lampu Anda seperti biasa (Klik ikon di kanan atas untuk memperbesar gambar)
Klik pada lampu di panel Objek dan masuk ke tab Details di panel Atribut. Tingkatkan Ukuran X dari default 200cm menjadi sekitar 700, yang akan membuatnya lebih persegi panjang.


Gandakan cahaya pada panel Objects dengan memilih dan copy-paste (cmd + C dan cmd + V). Anda ingin membuat dua eksemplar. Posisikan lampu agar terlihat seperti gambar di atas.


0 Komentar untuk "Tutorial teks 3D untuk desainer grafis"

Back To Top