Cara Membuat Potret Digital yang Realistis

Membuat seni 3D adalah proses yang kompleks dan memakan waktu, namun mengembangkan ganda digital yang realistis adalah salah satu tugas paling rumit - namun bermanfaat di dunia CG.

Pipeline yang direncanakan untuk potret 3D yang realistis ini adalah: studi mood, pengukuran, kemiripan pemahat, pemahat rinci, retopologi, pembungkus, tekstur UV, pembuatan shader awal, rambut / perawatan, pembuatan shader akhir, pencahayaan, rendering, dan pengomposisian. Secara keseluruhan, itu adalah studi yang bagus dan sebuah pengalaman.

Membiarkan zona nyaman Anda untuk mencoba memahat / melukis seseorang yang Anda kenal, bukan selebriti atau figur imajiner, adalah latihan terbaik bagi seniman tradisional dan digital. Karena model saya adalah istri saya, saya memiliki kesempatan untuk memeriksa wajahnya secara langsung. Pengalaman ini sangat berbeda dengan apa yang akan Anda lihat pada gambar referensi digital.


01. Mulailah dengan mesh dasar



Proyek ini menggunakan ZBrush dan Maya
Tahap pertama ini sangat penting; Periksa model Anda, catat, dan perhatikan perbedaan asimetris. Mulailah dengan jaring kepala wanita low-poli dasar - Anda mungkin sudah memilikinya, atau Anda mungkin ingin menggunakan yang gratis yang ada dalam daftar model 3D gratis kami. Jauhkan poligon Anda sejak awal, karena akan membuat semuanya berjalan lebih cepat dan lancar.

Sebelum memulai pemodelan, cocokkan setelan focal length Anda di Maya dengan ZBrush dan kunci pengaturan Anda untuk konsistensi. Jika tidak, kapan pun Anda membawa model Anda ke Maya, Anda akan melihat perbedaan pada pengukuran Anda. Menambahkan sorotan akan menunjukkan bentuk dan bidang perubahan pada wajah model Anda.

02. Bangun wajah dengan bayangan

Bayangan akan memberi petunjuk terbaik tentang transisi pesawat. Secara bertahap mulai membangun rinciannya. Hal lain yang penting pada tahap ini adalah terus mengukur dan mengecek semuanya. Pastikan untuk bekerja pada setiap zona wajah pada saat bersamaan.

Kuncinya adalah jangan pergi terlalu jauh dalam rincian dan tersesat. Keep it simple dan mendapatkan kemiripan yang benar di awal.

03. Terus periksa referensi anda

Cara membuat potret potret digital yang realistis

Cobalah untuk mendapatkan kemiripan yang benar di awal, dan jangan tersesat dalam rinciannya
Pada tahap ini mungkin ada banyak bolak-balik dengan bentuk, bidang dan proporsi untuk mendapatkan kemiripan model Anda dengan benar. Menggunakan banyak foto referensi wajah model Anda dari berbagai sudut akan membantu melakukannya dengan benar.


04. Tambahkan detail kulit halus

Cara membuat potret digital realistis Detail kulit halus

Dapatkan detail kulit yang bagus dengan benar dan Anda bisa masuk ke patung yang realistis
Gunakan peta perpindahan mimik permukaan untuk mendapatkan detail wajah yang bagus. Penting untuk tidak bergantung pada sikat cap, peta alfa dan mengulangi goresan kuas pada ukiran terlalu banyak, karena masing-masing pesawat berbeda.

Anda dapat menyempurnakan hal ini dan menggunakan detail pemahat khusus yang unik untuk model Anda. Pada tahap ini, detail sekecil apa pun akan membawa realisme yang lebih nyata pada pemahatnya.

05. Memahami anatomi mata

Cara membuat potret digital realistis Eye texturing and shading

Membayar untuk belajar tentang anatomi mata jika Anda menginginkannya terlihat nyata
Ini sangat penting untuk memahami anatomi mata agar terlihat nyata. Pahat kornea, iris, sclera, pupil, caruncle dan sobek yang berada di antara tutup dan kornea bagian bawah Anda.

Gunakan shader yang akurat secara fisik di V-Ray untuk melukis sklera dan iris di Mari. Menggunakan metode proyeksi dan melukis dapat membantu Anda mendapatkan detail mata yang kaya.

06. Selesai dengan tekstur hati-hati

Cara membuat potret digital yang realistis Kulit shading dan pencahayaan bertekstur

Pencahayaan potret ini terinspirasi oleh Rembrandt
Tekstur kulit dilakukan di Mari dan diarsir di V-Ray. Memproyeksikan gambar ke model 3D menyediakan lapisan tekstur dasar, yang dapat Anda tambahkan dengan melukis semua lapisan detail per lapisan.

Potret Rembrandt dan pencahayaan dramatis dalam lukisannya merupakan inspirasi besar, jadi di sini kami mencoba membuat tampilan dan nuansa serupa pada gambar akhir.
0 Komentar untuk "Cara Membuat Potret Digital yang Realistis"

Back To Top