4 tips untuk Menciptakan Kedalaman Lapangan di 3ds Max

Ada beberapa cara untuk menambahkan kedalaman bidang ke dalam visual Anda. Skenario yang berbeda membutuhkan solusi yang berbeda. Secara pribadi, saya selalu lebih suka melakukan sebanyak yang saya bisa di-kamera untuk meminimalkan jumlah produksi pasca-produksi yang dibutuhkan.

Setiap kamera dunia nyata dan pengaturannya yang terkait memberi Anda kedalaman lapangan. Ini adalah jarak antara benda terdekat dan terjauh yang memberi gambar terfokus. Sebagian besar waktu direksi seni ingin mencapai kedalaman dangkal lapangan, tapi sebaiknya jangan berlebihan ini. Beberapa gambar sudut lebar yang sangat menyenangkan memiliki kedalaman bidang yang jauh lebih luas dan terlihat bagus. Ini masih layak diterapkan pada kedalaman efek medan pada gambar ini karena ini meningkatkan realisme, meski jauh lebih subtil.

Kunci untuk menguasai kedalaman in-camera Anda adalah mengetahui bagaimana menyesuaikan jaraknya. Intinya, jarak fokus apa yang ditentukan oleh f-number, focal length dan seberapa dekat fokus objek ke kamera. Mari kita ambil nomor f terlebih dahulu. Semakin rendah f-number, semakin lebar lensa kamera akan terbuka untuk membiarkan cahaya masuk. Semakin lebar terbuka, semakin redup jarak untuk hal-hal yang menjadi fokus. Perhatikan bahwa Anda harus menukar kecepatan rana dan nilai ISO untuk mengendalikan keseluruhan pemaparan gambar Anda. Dua hal lain yang mempengaruhi jarak adalah focal length dan seberapa dekat fokus objek pada kamera. Intinya semakin diperbesar Anda dan semakin dekat objeknya, dangkal kedalaman lapangan juga akan menjadi.


Kamera Fisik 3ds Max memang memiliki beberapa pengaturan lain, seperti Focus Distance, yang membantu mengatur efeknya, namun tidak tersedia sebagai pilihan pada kamera sungguhan. Empat langkah berikut akan menunjukkan cara mengatur efek ini.

01. Buat kamera fisik anda



Membuat volume 3D berisi simulasi
Kita perlu membuat volume 3D dimana simulasi kita akan berlangsung. Hal ini memungkinkan kita untuk mengatasi apa yang sedang terjadi. Volume ini bisa berupa ukuran perapian, atau wadah yang akan menampung air, misalnya. Untuk melakukan ini kepala ke panel Buat dan pilih Geometri tab. Kemudian pilih Phoenix FD dari drop-down dan PHX Simulator.

02. Atur focal length dan bingkai gambar Anda



Bermain dengan setting akan menghasilkan komposisi yang bagus
Pindahkan kamera dan targetnya sehingga berada dalam posisi. Kemudian dalam peluncuran Kamera Fisik, atur focal length sampai Anda memiliki komposisi yang menyenangkan. Ingatlah bahwa semakin banyak Anda memperbesar, kedalaman lapangan Anda akan semakin dangkal. Anda dapat menyesuaikan FOV secara terpisah juga jika Anda ingin dengan menekan kotak centang dan menentukan nilai.

03. Menetapkan parameter



Parameter Jarak Fokus memberi pengguna kontrol tingkat tinggi
Gunakan parameter Jarak Fokus karena memberi kontrol lebih besar dibandingkan dengan menggunakan jarak target kamera: Masuk ke area Fokus dan pilih tombol radio Custom. Jika Anda menyesuaikan jarak fokus, Anda akan melihat tiga pesawat di ujung kamera bergerak. Bagian tengahnya akan fokus sempurna dan kemudian dua lainnya adalah bidang fokus yang dekat dan jauh. Pilih Tambah dan klik log Anda di area pandang.

04. Atur aperture F-number



F-number mempengaruhi kedalaman lapangan
Sekarang yang tersisa untuk dilakukan adalah menyesuaikan nomor-f untuk mendikte seberapa dangkal kedalaman bidang Anda nantinya. Semakin rendah Anda pergi, yang dangkal itu akan. Anda harus melihat bidang fokus di kamera menyesuaikan saat Anda mengubah nomor-f. Jika Anda tidak khawatir dengan motion blur maka Anda bisa mengubah kecepatan rana untuk mengimbangi exposure Anda. Atau Anda bisa menggunakan nilai ISO sebagai gantinya.
0 Komentar untuk "4 tips untuk Menciptakan Kedalaman Lapangan di 3ds Max"

Back To Top